Bolehkan Penderita Nyeri Sendi Berolahraga ?

Nyeri sendi adalah penyakit yang sangat menyakitkan ketika kumat, rasa nyeri, sakit, linu, bengkak, warna kulit yang kadang memerah menciutkan nyali kita untuk melakukan aktifitas terkadang untuk sekedar berolahragapun terkadang kita mengurungkan niat. Lantas apakah boleh penderita nyeri sendi ini melakukan olahraga ?

Olahraga sangat penting untuk kesehatan dan tidak terkecuali bagi mereka yang terkena penyakit radang sendi atau nyeri sendi ntah itu pada lutut, jari kaki, tangan, bahu, sikut, dll.

Utamanya pada penderita nyeri sendi yang menyerang sendi area lutut olahraga yang tepat akan dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi. Bahkan seiring berjalannya waktu, dapat membantu meredakan rasa nyeri, kaku dan bengkak. Selain itu, olahraga dapat memperkuat otot-otot pendukung sendi sehingga dapat membantu meredam benturan. Olahraga yang teratur juga bermanfaat untuk menjaga jangkauan gerak sendi agar tetap dalam keadaan normal.

nyeri-sendi-copy

Namun, tidak semua olahraga dapat di lakukan oleh penderita nyeri sendi karena di khawatirkan akan menyiksa ia ketika melakukan olahraga yang kurang tepat nyeri sendi itu datang dan itu sangat tidak kita harapkan. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa referensi olahraga yang aman untuk penderita nyeri sendi terlebih untuk penderita nyeri sendi pada area lutut.

  • Jalan Kaki / Jalan Santai

Jalan kaki adalah olahraga yang ringan namun serat manfaat. Meskipun melibatkan lutut, berjalan kaki merupakan olahraga yang memiliki paling rendah risiko bagi seorang penderita nyeri sendi terutama penderita nyeri sendi pada area lutut karena dengan berjalan kaki tidak memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan seperti ketika kita sedang berlari.

  • Joging / Lari Kecil

Olahraga yang satu ini juga bisa menjadi opsi menarik bagi anda yang menderita nyeri sendi terutama nyeri sendi pada lutut karena joging atau lari-lari kecil namun anda harus tetap memperhatikan, menghitung-hitung dan mempertimbangkan nyeri sendi lutut anda. Jika kondisinya belum parah, berarti joging cocok untuk Anda. Sebaliknya, jika Anda memiliki riwayat cedera lutut, sebaiknya hindari joging sebab cedera lutut dapat meningkatkan risiko arthritis lutut jangka panjang.

  • Bersepeda / Goes ya istilah sekarang 🙂

Melakukan olahraga bersepeda ini adalah pilihan yang sangat menyenangkan, disamping kita terhindari dari rasa jenuh dan stress bersepeda juga merupakan olahraga ringan yang tidak terlalu membebankan lutut. Ketika anda memilih olahraga yang satu ini anda harus tetap memperhatikan dan usahakan tidak menggunakan jalan yang curam atau menanjak, pilihlah jalanan yang rata dan ringan untuk mengayuh sepeda anda dan pakailah sepeda statis, atur tingkat kemiringannya pada level yang rendah.

  • Renang

Berenang juga tidak kalah menyenangkan, selain itu melakukan aktifitas berenang sangat bermanfaat bagi seluruh otot-otot di tubuh kita untuk bergerak. Bagi penderita nyeri sendi terutama sendi lutut, olahraga renang ini dapat membebaskan sendi lutut dari tugasnya menopang berat badan namun anda tetap harus mempertahikan dalam memilih gerakan renang. Disarankan anda tidak berenang dengan tempo cepat sebagai usaha untuk menyehatkan badan, tetapi hindari gerakan yang terlalu memfokuskan kepada gerak lutut, seperti gaya dada.

Itulah 4 jenis olahraga yang baik untuk penderita nyeri sendi lutut, mohon maaf apabila typo 🙂 dan bagi anda yang mau menambahkan silahkan komentar di bawah ya, see you at next article . . .

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*